[Blog Tour] Review&Giveaway: Complicated Thing Called Love by Irene Dyah

Tuesday, March 1, 2016

Judul : Complicated Thing Called Love
Penulis : Irene Dyah
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 256 halaman
Terbit : Febuari, 2016

SINOPSIS

Awalnya, alur cerita ini sedikit membingungkan. Tak jelas mana hulu mana muara. Tapi jangan menyerah. Percayalah, ada titik ketika semua keping puzzle itu bertemu. Seperti cinta.

Kalau Garin Nugroho punya Cinta dalam Sepotong Roti, maka Nabila punya “Cinta (Monyet) dalam Sepotong Pisang”. Organik. Gadis yang biasanya patuh itu kali ini memilih berontak: tetap pacaran meski dilarang. Bisa ditebak, kisahnya berakhir dan monyet bernama Bayu itu harus diusir.

Lalu hadir Bagas, pria sempurna pilihan ibunda. Semua jadi terlihat mudah bagi Nabila. Sayang, Bayu belum betul-betul pergi dari hatinya. Duh, bagaimana bisa Nabila memilih di antara Bagas si calon suami idaman dan Bayu yang bengal dan bikin deg-degan? Dan kenapa Nabila mesti berguru pada kisah cinta para sahabatnya?

Sebabnya satu: cinta memang repot!


-----------------------------------
REVIEW

Nabila tinggal dan menetap di Jepang. Dia memiki keempat sahabat karib yang sangat menyayanginya. Di lain sisi Nabila juga merasakan bahagia amat sangat karena dicintai oleh dua pria sekaligus, Bayu dan Bagas.

Bayu merupakan sosok laki-laki dalam hidup Nabila saat dia masih remaja dulu. Perkenalan dengan Bayu berawal dari kecintaan Bayu akan sepotong pisang justru membuat hati Nabila berubah. Kehadiran Bayu dengan segala tingkahnya yang romantis telah mencuri hati Nabila. Bayu bukan sosok laki-laki tampan, punya pekerjaan mapan atau segunung kelebihan yang pantas menjadikan Bayu pasangan hidup selamanya Nabila. Namun, bukannya cinta tidak butuh alasan khusus?


"Oh. Jadi anak ini modalnya cuma pintar dan jago musik, tapi sudah bisa bikin kamu jungkir balik jatuh hati. Hebat betul!" (halaman 124)
Namun, perkenalannya dengan Bagas juga tidak kalah menimbulkan drama. Kenal karena sama-sama tinggal di Jepang, membuat Nabila sadar bahwa Bagas adalah sosok laki-laki yang baik hatinya. Tulus. Bagas bahkan rela langsung melamar Nabila.

Kenekatan Bagas ternyata menimbulkan nilai postif dari Ibunda Nabila. Ibu Nabila langsung menyukai Bagas dan meminta Nabila serta Bagas untuk pulang ke Jogja dan membicarakan rencana pernikahan mereka. Harusnya Nabila bahagia. Nabila akhirnya bertemu dengan sosok pria yang langsung direstui oleh Ibunya. Pilihan orangtua bukannya tidak pernah salah?
"Cinta memang buta. Kalau tidak buta, itu namanya matematika." (halaman 162)
-----------------------------------------------------------------
Complicated Thing Called Love adalah novel yang unik. Kalau penulis diakhir buku bicara novel ini telah melalui proses yang panjang hingga sampai dalam bentuk paperback yang siap dilahap oleh pembaca, mungkin aku tidak percaya.

Tema yang diangkat merupakan kegelisahan banyak perempuan atau mungkin banyak orang? Tidak hanya perempuan ku rasa. Alih-alih menjadikan tema cinta dengan alur puitis yang mudah ditebak, penulis membawa angin segar dengan menawarkan isi cerita romance yang memiliki pesan moral. Jujur saja membaca buku ini aku terus bergumam: Akh ya, begitu ya...

Mengambil alur maju mundur menceritakan kehidupan cinta Nabila dan sahabatnya tidak membuatku bingung. Ya karena penulis meramunya dengan bahasa ringan yang mudah dimengerti. Penulis juga menuliskan keterangan waktu jika bab dalam cerita ini merupakan flashback dari kehidupan Nabila.

Aku lagi-lagi jatuh cinta dengan karakter laki-laki yang dihadirkan penulis dalam kisah ini. Bayu dan Bagas dihadirkan dengan dua karakter yang berbeda. Alih-alih aku berpikir Bayu akan menjadi primadona tapi justru penulis mengarahkan pembaca ke hal sebaliknya. Hmm.. nama depan B yang mirip sempat membuatku terkecok diakhir cerita.

Novel ini juga hadir dengan gaya penyajian unik. Seperti sinopsis yang diberikan dibelakang buku, memang kamu akan sedikit bingung saat mulai membacanya namun jangan menyerah. Kamu akan mulai menemui apa maksud penulis memberikan sepenggal cerita tersebut di beberapa bab awal buku ini.

Aku juga harus bilang novel ini cantik. Aku suka dengan ide setting foto disetiap awal bab. Aku suka dengan layout disetiap halaman yang diberikan. Cantik!

Overall, membaca novel ini memberiku satu pengetahuan abru, kalau cinta dengan seseorang terkadang tidak cukup mengandalkan instuisi dan keinginan diri sendiri saja. Coba lihatlah lingkungan terdekatmu, justru jawaban cinta sesungguhnya hadir dari mereka.

Selamat membaca kisah galau Nabila dan jatuh cinta akan sosok Bagas!

    


-------------------------------------------------
GIVEAWAY TIME!

Yey! Akhirnya rangkaian Blog Tour: Complicated Thing Called Love by Irene Dyah resmi dibuka! Setelah membaca reviewku diatas ingin mendapatkan novel ini secara gratis?
Aku bekerjasama dengan penulisnya ingin memberikan 1 eks novel ini secara gratis untuk kamu yang beruntung. Novel akan dikirimkan langsung dari penulisnya loh! Mau?

Caranya gampang banget:

1. Kamu harus berdomisili di Indonesia

2. Follow blog ini via GFC atau email.

3. Follow akun twitter @aikairin dan @aprlboanarges lalu promosikan giveaway ini dengan hastag #CTCL dan jangan lupa mention kedua akun tersebut ya!

4. Jawab pertanyaan di bawah ini dengan menyertakan: nama, akun twitter, link share dan jawaban
"Menurut kamu cinta itu apa?"
5. Giveaway ini tidak dinilai merdasarkan sistem random, jadi jawablah semenarik mungkin ya.

6. Giveaway ini berlangsung dari tanggal 1 Maret - 6 Maret 2016 pukul 23:59 WIB. Pemenang akan langsung diumukan pada tanggal 7 Maret 2016.

Good Luck!

Regards,
APRL 
 

67 komentar:

Mukhsin Pro said... Reply Comment

Mukhsin
@Mukhsin_Pro

Apa itu cinta?

Jawaban :

Sungguh pertanyaan yang kubenci sepenuh hati apalagi mendedikasikan hidupku untuk jawaban itu. Sungguh pertanyaan yang tidak bejodoh dengan segala jawaban yang ada. Jika kita terus mencari tahu apa itu cinta, tidak akan ada sesuatu yang bisa kita dapatkan. Sia-sia. Cinta hanya perlu dilakukan tulus dari hati dan dengan hati pula. Udah itu saja menurutku.

Nurul Islamiyah said... Reply Comment

Nurul Islamiyah
@iiinn_
https://mobile.twitter.com/iiinn_/status/704530448068829184

Cinta itu ketika acapkali rindu, seringkali ingin bertemu, berulangkali bercerita sendu. Cinta itu saat semua perasaan bercampur di hatimu. Kamu bahagia, cemburu, terluka, juga malu-malu. Saat dia tak memerlukan panggung untuk mendapatkan seluruh perhatianmu. Saat itulah kamu jatuh cinta padanya.

Asri Rahayu MS said... Reply Comment

Asri Rahayu MS
@princessashr
https://twitter.com/PrincessAshR/status/704538964699418624

"Menurut kamu cinta itu apa?"

Menurut aku, cinta itu sebuah anugerah dari Tuhan yang diberikan kepada manusia. Tak hanya manusia tentunya, makhluk hidup di dunia ini. Jika kamu pernah merasakan cinta, berarti kamu pernah merasakan sakit hati. Cinta juga acapkali membutuhkan sebuah pengorbanan. Namun, tak jarang, akhirnya akan berbuah kebahagiaan. Jadi, cinta itu bukan hanya ketika kita merasakan kebahagiaan namun juga ketika kita merasakan sakit hati.

Mukhammad Maimun Ridlo said... Reply Comment

nama : Mukhammad Maimun Ridlo
akun twitter : @MukhammadMaimun
link share : https://twitter.com/MukhammadMaimun/status/704556638154452992

"Menurut kamu cinta itu apa?"

1. Hal terpenting dalam hidup. Tanpa cinta kita akan menjadi pribadi yang acuh dan diacuhkan
2. Pondasi sebuah hubungan. Ga hanya dengan pasangan. Dengan pekerjaan pun kalau kita ingin bisa sukses dan enjoy, kita harus mencintai pekerjan kita itu terlbih dahulu
3. Kekuatannya pada kepercayaan. Sebuah cinta akan kuat apabila ada rasa saling percaya yang kuat pula

nunaalia 79 said... Reply Comment

nama: Aulia
twitter: @nunaalia
link share: https://twitter.com/nunaalia/status/704522339522727937

Menurutku cinta tidak bisa didefinisikan, hanya bisa dirasakan. Cinta itu perasaan hangat yang mampu membuat kita menyadari betapa berharganya kita, dan adanya seseorang yang begitu berharga untuk kita lindungi. Cinta itu kasih yang tulus yang tidak mementingkan diri sendiri dan cinta itu tidak harus selalu memiliki. Cinta tidak hanya mendatangkan kebahagiaan, tapi juga kesedihan, karena dua hal itu selalu terjadi ketika kita jatuh cinta.

Whella D. Nurlela said... Reply Comment

nama : whella Nurlela
akun twitter : @whella_nd
link share : https://twitter.com/whella_ND/status/704579110454964225
jawaban
"Menurut kamu cinta itu apa?"
cinta.
cinta itu misteri. karena cinta itu bikin penasaran
cinta itu teka-teki. karena cinta itu bikin ribet.
semua orang pasti ngarasain namanya cinta. yang bermuasal cinta keluarga.
cinta bisa diwalai entah dari benci atau jatuh cinta.
ada yang bilang cinta itu dicari. karena yang dicari itu sulit didapatkan karena langka.
ada juga yang bilang cinta itu ditumbuhkan. karena cinta yang ditumbuhkan itu kebanyakan positif. dan kita gak perlu capek-capek ngejar =D.
tetapi kalo cinta berarti orang. Orang yang buat kita lebih mengenal diri kita. atau itu bisa juga berarti buah cinta (anak).
kalo berarti benda. mungkin benda itu kita temuin dengan tiba-tiba karena benda itu memiliki keunikan yang tersendiri sehingga kita ingin memiliki, dan menyimpannya. dan dengan tiba-tiba pula benda itu hilang, dan terkadang kita tidak tahu alasan kenapa benda itu hilang.
cinta itu tidak pekek logika. karena --jika kita Sadar-- apa mungkin kita mau berlarung dalam urusan yang ribet bernama cinta
cinta itu pakek naluri/hati. karena kita akan bersedih jika kita ada prokontra dengan cinta.
Pokoknya cinta itu ribet deh.. gak ada rumusnya. bukan ilmu pasti. tapi ilmu naluri *eeaaa :v

judul novelnya juga bagus banget "Complicated Thing Called Love" kan yang berarti ribet-ribet itulah... ingin banget miliki buku ini, Sinopsisnya bikin peansaran.. duh.. Ingin Ngett.

Nyi Penengah Dewanti said... Reply Comment

Nama: Nyi Penengah Dewanti
Twitter: @nyipenengah
Domisili : Kaliwungu
Link SHARED:https://twitter.com/NyiPenengah/status/704600319179759616

"Menurut kamu cinta itu apa?"

Jawaban :
Ketika kamu ketemu seseorang dan jantungmu terpacu lebih cepat. Sekali ketemu pun berkali-kali ketemu, debar di jantungmu terpompa lebih cepat dari keadaan normalnya.

Agatha Vonilia said... Reply Comment

Nama : Agatha Vonilia Marcellina
Akun twitter : @Agatha_AVM
Link share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/704599070363418624

Cinta ya?
Rainbow Love, setiap warna dalam bingkaian pelangi memberikan makna tersendiri bagi cinta. Inilah makna-maknanya :
1. Merah : Keberanian untuk maju mendapatkan cinta dan kasih sayang dari orang yang kita sayangi. Meskipun cinta tidak harus memiliki, tapi tidak ada larangan bagi seseorang untuk saling mengungkapkan cinta.

2. Jingga : Dari mata turun ke hati, serasa senyuman akan terus merekah dalam wajahmu. Hari-hari bahagia menantimu bersama dengan cintamu.

3. Kuning : Berawal dari sebuah persahabatan, cinta mulai tumbuh dan bersemi. Hati mulai menghangat dan ingin saling menjaga satu sama lain. Cinta yang hangat dan indah.

4. Hijau : Kesabaran berperan penting dalam proses untuk mencari cinta sejati. Tuhan selalu ada di samping kita dan menggunakan kesempatan yang ada untuk tetap berjuang.

5. Biru : Ombak pun terkadang menghempas kita dan meruntuhkan tembok pertahanan cinta kita di mana luka dan kesedihan merundung. Tenang karena ombak tidak akan bertahan lama, anggap saja sebuah ujian.

6. Nila : Cinta itu kan murni, akan terasa sekali bahwa cinta itu memberikan kedamaian batin. Memupuk semangat dan cinta pasti akan merubah diri seseorang.

7. Ungu : Kesetiaan akan cinta harus benar-benar diperjuangkan dan dipertahankan. Tidak mudah memang. Setidaknya berkorban demi cinta kan tidak masalah. Pokoknya positif.

Ada suka dan duka, ada luka dan tawa, ada perih dan bahagia, ada cemburu dan setia. Walau hujan terkadang selalu menghapusnya, tapi pelangi tidak akan pernah menghilang dan selalu memberikan harapan kepada kita seperti halnya cinta dia menemani kehidupan kita tanpa cinta life is flat and empty.

Eka Sasie said... Reply Comment

Nama: Eka Sasining Putri
Akun twitter: @cha_ichie
Link share: https://twitter.com/cha_ichie/status/704629361693970432
Jawaban: Jika diibaratkan sebagai interaksi antar atom dalam suatu senyawa kovalen, maka cinta adalah ikatan. Dia terbentuk dari dua elektron yang masing-masing berasal dari dua atom yang berikatan. Ikatan itu dilakukan demi mencapai oktet bagi atom-atom yang koefisien elektronnya tidak sesempurna gas mulia.

bintang permata said... Reply Comment

BINTANG PERMATA ALAM / @Bintang_Ach / Link share: https://twitter.com/Bintang_Ach/status/704643058911080448
.
.
.
"Menurut kamu cinta itu apa?"
.
.
Cinta?
Duh, jawabnya gak usah muluk-muluk dah. Cinta itu ibarat kentut. Tidak terlihat, namun terasa.
Karena yang dibutuhkan dalam cinta adalah rasa, jika rasa itu tidak ada. Apa masih bisa disebut cinta?
Aku kira tidak.
Sebab itulah banyak orang yang memaknai jika rasa terindah dalam hidup ini adalah 'cinta'
Karena rasa 'cinta' juga, aku ikut serta giveaway ini, hehe.
.
Sip, itu aja. Semoga menang, pengin banget novel ini. Apalagi sekarang ikut IRRC, dan koleksi buku romance masih belum seberapa. Moga aja CTCL bisa menjadi salah satu buku romance koleksiku, hehe.
Aamiin

julie khoyul said... Reply Comment

Khoyul
@Jkhoyul
https://twitter.com/JKhoyul/status/704662552962162689

Cinta itu perasaan yang muncul dengan tiba-tiba/karena kebiasaan bersama diikuti dengan ketertarikan. Tanpa ada embel-embel harta kekayaan, itelengensi, ketampanan/kecantikan, bentuk tubuh, dll

Arum Tyas said... Reply Comment

Nama : Tyas Proboningrum
Twitter : @arum_1tyas
link :https://mobile.twitter.com/arum_1tyas/status/704661661949362178

Jawaban : Cinta adalah rahasia Tuhan. Yang tau hanya mereka yang di kehendaki NYA. Mungkin semua orang memiliki cinta, tapi banyak yang tak sadar akan cinta itu sendiri.

Cinta adalah kesepurnaan. Tuhan memberinya bahagia dan sedih. Tawa dan tangis di antaranya. Tak jarang menggoresnya dengan duri yang tajam hingga berdarah lalu dibalutnya dengan kelopak mawar yang indah.

Cinta adalah pengorbanan. karena orang yang paling kita cinta, orang itu pula yang menyebabkan sakit hati terbesar dalam hidup kita.
Dari cinta semua dimulai, dengan cinta pula akan berakhir.

Ratna Nur OS said... Reply Comment

Nama: Ratna Nur Oktavina Sari
Twitter: @happyfamily27
Link share: https://twitter.com/happyfamily27/status/704629724434141184
“Menurut kamu cinta itu apa?”

Cinta adalah rasa,
Yang mampu membuat hati tak henti bersyukur
Jantung ingin terus berdetak
Dan raga ingin terus bernafas

Cinta adalah rasa,
Yang mampu membuat mata selalu ingin memandang
Jemari selalu ingin menggenggam
Tangan selalu ingin memeluk
Sedangkan kaki enggan beranjak pergi

Cinta adalah rasa,
Yang membuat bibir berubah jadi manis
Namun lidah kelu saat ingin mengucap kata cinta

Cinta,
Adalah kekuatan yang memberi energi pada setiap jiwa
Tanpa cinta tak akan ada kehidupan
Tak ada aku dan kamu

marcinha uchiha said... Reply Comment
This comment has been removed by the author.
marcinha uchiha said... Reply Comment

Nama: Rozi
Twitter: @marcinhauchiha
Link share: https://mobile.twitter.com/marcinhauchiha/status/704684661927063




"menurutmu apa itu cinta?
|
jawaban: bagiku cinta itu adalah bagian dari jiwa yang tak berwujud. sebuah perasaan yang menjadi kekuatan spiritual.
|
coba kita tengok mereka:
seorang suami yang bisa menahan beban berat saat memboncengkan istrinya yang super berat naik tanjakan tapi tetap bertahan,kuat dan tetap tersenyum.
|
pak presiden pertama kita pernah berpidato:
"beri aku 10 pemuda indonesia yang cinta tanah air, maka akan kuguncang dunia."
|
bandung bondowoso bahkan bisa membuat 1000 patung dalam semalam demi wanita yang dicintainya. roro jonggrang.
|

Perjuangan seluruh ibu di dunia untuk memberi jiwa pada anaknya. Lewat ketulusan cinta dan kasih sayang. sehingga anak-anak tumbuh hebat dan menjadi anak yang berbakti.
|
semua itu tidak ada yang mustahil. bahkan disuruh mengecat langit terasa mampu, jika memang cinta yang termasuk berasal dari nafsu itu sudah diserahkan pada sejatinya cinta. ' sudah mempercayakan pada sejatinya cinta bukan cuma cinta berdasarkan perasaan. Maka, 'CINTA itu, adalah sebuah kejadian spiritual. Ia tidak semata-mata bertemunya dua hati yang cocok kemudian menghasilkan jantung yang berdebar-debar. Ia adalah tanda-tanda hadirnya sebuah kekuatan yang maha dahsyat.'

rizki wulandari said... Reply Comment

Nama: Rizki Wulandari Madfia
Twitter: @blogpostrizki
Link share: https://twitter.com/BlogpostRizki/status/704700958454853632

Jawaban:
Menurutku cinta itu mengandung keikhlasan dan menjadi bahan utama untuk menciptakan keajaiban.

Puji P. Rahayu said... Reply Comment

Nama: Puji P. Rahayu
Twitter: @Purahayu
Link: https://twitter.com/Purahayu/status/704730549131169792

Cinta? Cinta merupakan makhluk yang terlampau sombong... makhluk yang tak mau dipaksa. Kita tidak bisa mengendalikan rasa cinta yang tercipta dalam diri kita. Bagaimana pun, dia terlalu sombong untuk bisa diarahkan. Cinta datang kapan saja dan dimana saja. Tidak melihat apakah memang yang merasakan cinta itu siap untuk merasakannya atau tidak.

Hikmawati Cahyaning Tyas said... Reply Comment

Hai kak April, ikutan giveaway-nya yaa...

Nama : Hikmawati Cahyaning Tyas
Twitter : @tyashc
Link share : https://twitter.com/tyashc/status/704794626914299904

"Menurut kamu cinta itu apa?"
Cinta itu perasaan yang dimiliki manusia kepada manusia lainnya. Perasaan sederhana yang diciptakan Tuhan untuk manusia. Tapi terkadang manusia membuatnya rumit. Cinta bukan hanya rasa dari perempuan kepada lelaki atau sebaliknya, tapi bahasa universal yang bisa dirasakan oleh semua orang kepada siapa saja.

Wish me luck :)

Tasya said... Reply Comment

Nama : Tasya
Akun twitter : @tasyaamanda95
Link share : https://twitter.com/tasyaamanda95/status/704859858181328896
Jawaban : Menurutku cinta itu memberi, menerima dan mengikhlaskan

Terima kasih untuk kesempatan GAnya

anggun mawar said... Reply Comment

Nama : Anggun Mawar Sari
Twitter : @anggunmawar
Like Share : https://mobile.twitter.com/anggunmawar/status/704861426817634304

Cinta merupakan sebuah perasaan istimewa yang mengisi relung hati untuk melukiskan sejuta perasaan. Cinta membuatku hanyut dalam kebahagiaan, juga terkadang membuatku larut dalam kesedihan. Sering kali isi hati dibolak-balikan oleh cinta. Cinta sebagai anugrah Tuhan merupakan sesuatu yang harus dijaga, disyukuri, sebisa mungkin jangan sampai tersakiti. Cinta bagiku merupakan sesuatu yang indah jika kita dapat meletakkan cinta di tempat yang istimewa, dengan tulus menjaganya, untuk menjadi teman hidup selamanya. Cinta dengan ketulusan juga akan mempersatukan dua hati untuk bertemu di surga.

liefah kimyosan said... Reply Comment

liefah
@liefahzaneta
Link: https://twitter.com/liefahzaneta/status/704884249346838528

"Menurut kamu cinta itu apa?"

Cinta itu rumah: tempat kembali pulang.
Saat kamu bisa menemukan kenyamanan dengan seseorang, saat itu juga kamu memahami apa itu cinta..
walau sejauh apapun kamu pergi meninggalkannya... cinta akan tetap hidup mengakar kuat dan semakin kuat dihati kamu, dan kamu membawanya kemanapun langkahmu pergi.
tapi cinta tetaplah cinta dia punya jalannya sendiri untuk kembali menemukan sumbernya, sumber kedamaian.

dianmayy said... Reply Comment

Nama: Dian Maya
Twitter: @dianbookshelf
Link share: https://twitter.com/dianbookshelf/status/704921040577826816


Cinta itu usaha untuk memberi & melakukan hal-hal terbaik dan menampilkan semua hal baik dalam diri kita untuk orang yang kita cintai sebagai wujud & bukti nyata kecintaan kita kepada mereka.

Annisa Ayundi said... Reply Comment

Nama: Annisa Ayundi Prastiwi
Twitter: @annsynd
Link share: https://mobile.twitter.com/annsynd/status/704948736842141696

Jawaban:
Cinta itu banyak definisinya, kalau kita tanya ke orang yang lagi jatuh cinta, mungkin mereka akan menjawab kalau cinta itu menyenangkan, indah, dan selalu memeberikan debaran serta memberikan euforia tersendiri.
Tapi, coba kita tanya ke orang yang lagi patah hati, mereka mungkin menjawab kalau cinta itu menyakitkan, nggak adil, atau apalah.
Tapi menurut saya sendiri, cinta itu nggak memandang apa yang bisa dipandang, misalnya fisik atau keadaan seseorang. Cinta itu menerima apa adanya, cinta itu nggak harus memiliki, karena yang memiliki pun belum tentu mencintai kan?
Cinta itu memiliki dua sisi yang berbeda, nggak selamanya indah, dan juga nggak selamanya sakit. Kita akan memahami apa itu cinta jika kita melihatnya dari sisi lain, karena semua hal di dunia ini memiliki banyak sisi yang berbeda.

Ismaa Nurul W said... Reply Comment

Nama: Ismaa
Twitter: @ismaanw
LInk share: https://twitter.com/ismaanw/status/704933299236552705

Cinta itu, apa?

Aku bukan pujangga yang pandai merangkai kata untuk mendeskripsikan apa itu cinta. Aku hanyalah orang biasa yang mungkin pernah merasakannya, atau mungkin tak pernah merasakannya. Ya, aku belum tahu apa arti cinta yang sebenarnya. Yang aku tahu, saat aku menyayangi orang tuaku, artinya aku juga mencintai mereka. Bukankah begitu?

Cinta, cinta, cinta. Berulang kali kuucapkan, tapi tak jua kutemukan makna.

Usiaku masih terlalu dini untuk mengartikan apa arti cinta yang sebenarnya. Apa yang aku rasakan sekarang, belum tentu itulah cinta yang dimaksud. Tapi ... aku lebih suka mengartikan cinta sebagai kasih sayang, karena kasih sayang mencakup luasnya perasaan dalam segala aspek kehidupan.

Cinta datang tiba-tiba, lalu pergi pun tiba-tiba, tanpa ada yang tahu. Lalu apa yang harus kuartikan dari cinta yang seperti itu? Ya, karena aku masih terlalu dini untuk mengartikannya.

Tapi Nabila, bukankah kamu sedang dirundung kegalauan akut karena cinta? Kamu mencinta dua orang yang sama-sama berarti untukmu, kan?

Mudah saja memilihnya di antara banyak pilihan. Cinta itu yang membuat kamu nyaman, merasa aman, mengubah dirimu menjadi lebih baik, melindungi kamu di manapun. Jadi, jika ragamu telah tenang, hatimu telah damai, cukup tutup matamu lalu bayangkan orang pertama yang akan membuat kamu merasakan serta mengalami semua hal di atas. Ya, mungkin bayangan seseorang yang pertama kali muncul dalam benakmulah yang merupakan pilihan terbaik untukmu.

Jadi, apakah aku bisa mengartikan cinta sebagaimana yang telah kuutarakan di atas?

Wening Purbawati said... Reply Comment

nama : wening
twitter : @dabelyuphi
share :
https://mobile.twitter.com/DabelyuPhi/status/705005659155206144?p=v

cinta menurutku adalah sebuah perasaan fitrah yang dianugerahkan Tuhan pada tiap makhluk ciptaanNya. dimana siapa pun yang memiliki cinta tersebut pasti akan sering merasakan kebahagiaan dan juga kesedihan dalam waktu bersamaan. cinta bisa datang darimana saja, kapan saja, tanpa pernah bisa kita duga dan sadari. dan ketika cinta itu pun hadir, kita tak punya kuasa untuk menolaknya.

cinta umumnya terdiri dari unsur hasrat, keintiman dan komitmen walaupun seringnya tidak terdefinisi, tak bisa terlihat, namun jelas kita bisa merasakan ketika cinta itu mulai tumbuh dan berkembang di dalam hati kita.

cinta mendorong mereka yang merasakannya untuk memiliki apa yang mereka cintai tersebut agar selalu aman berada di sisinya, sehingga mereka tak perlu merasakan lagi kekhawatiran yang menggerogoti hati saat cintanya tak berada di dekatnya. meskipun demikian, cinta pun mengajarkan mereka yang memilikinya untuk untuk berkorban dan belajar untuk mengikhlaskan dan melepaskannya.

Pida Alandrian said... Reply Comment

Nama : Pida Alandrian
Twitter : @PidaAlandrian92
Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/705020669776400384

"Menurut kamu cinta itu apa?"
> Menurut aku Cinta itu adalah sebuah perasaan yang diberikan oleh Tuhan pada sepasang manusia untuk saling mencintai, saling memiliki, saling mengerti satu sama lain dll.

Cinta adalah memberikan kasih sayang bukannya rantai. Cinta juga tidak bisa dipaksakan dan datangnya pun kadang secara tidak di sengaja. Cinta itu indah namun kepedihan yang ditinggalkannya kadang berlangsung lebih lama dari cinta itu sendiri. Batas cinta dan benci juga amat sangat tipis tapi dengan cinta semua yang kita jalani serasa lebih ringan dan terasa lebih baik.

Cinta itu adalah hal yang murni, putih, tulus dan suci yang timbul tanpa adanya paksaan atau adanya sesuatu yang dibuat-buat, Menurut saya pribadi cinta itu dapat membuat orang itu dapat termotivasi untuk melakukan perubahan yang lebih baik daripada sebelum kita mengenal cinta. Cinta itu sesuatu yang suci dan janganlah kita menodai cinta yang suci itu dengan ke-egoisan kita yang hanya menginginkan enaknya buat kita dan tidak enaknya untuk pasangan.

Cinta tidak bisa diukur dengan materi ataupun yang berasal dari dunia fana. Dan aku yakin bahwa cinta terbesar itu dimiliki oleh sosok ibu kandung kita. Sosok Ibu yang melahirkan, yang mengandung selama 9 bulan, mendidik kita tanpa pamrih. Bukan cinta dari pacar. Karena cinta seorang pacar bisa luntur suatu saat.

Sekian
Salam Pida Alandrian

Farah Fakhirah said... Reply Comment

Farah Fakhirah

@farahfar

https://mobile.twitter.com/farahfar/status/705056523722952705

Ada yang bilang cinta itu adalah reaksi kimia yang ada di dalam otak. Bahwa tubuh kita, secara spontan bereaksi terhadap stimulus-stimulus tertentu yang datang dari luar, dan hasilnya adalah sesuatu yang disebut dengan rasa cinta. Katanya, sebagai emosi ia adalah emosi yang kompleks, terpisah dari enam emosi dasar lainnya: sedih, marah, takut, senang, dan jijik. Ia sulit untuk dideskripsikan bahkan dengan menggunakan ilmu.

Katanya, cinta itu bisanya dirasa, bukan didekripsikan. Wajar saja, soalnya kalau mendeskripsikan cinta, bisa jadi satu karya tulis sendiri yang panjangnya mungkin ratusan halaman.

Cinta, buat saya, sesuatu yang sederhana dengan kerumitannya.

Cinta sesederhana berbagi payung berdua di waktu hujan, namun juga serumit perasaan kalut ketika kabar darinya tak kujung datang.

Cinta: sebuah emosi rumit yang sederhana.

riani suhandi said... Reply Comment

Riani Suhandi

@Rianisuhandi

Link share: https://twitter.com/RianiSuhandi/status/705063683357962244

Cinta? Well yeah... based on the title of the book, Complicated Thing Called Love, cinta itu sesuatu yang rumit. But I have a definition of love,simply. Cinta: bahkan hanya mendengar nama'nya' disebut saja kayak ada yang sengaja nyiramin coklat hangat tepat di hati, hangat. That's love.

Nhe! said... Reply Comment

Neni
@nhenie
https://twitter.com/nhenie/status/705217135795007488

Menurutku, cinta itu saling.
Saling percaya, saling menjaga, saling memahami.

Saling percaya, untuk kelangsungan berdua.
Saling menjaga, untuk keutuhan berdua.
Saling memahami, jika salah satunya tidak bisa cinta, mau apa lagi?

Cinta itu saling, bukan paling, ataupun berpaling.

Fitra Aulianty said... Reply Comment

Fitra Aulianty
@fira_yoopies
https://twitter.com/fira_yoopies/status/705214520063471616

Cinta itu sesuatu yang menyakitkan yang gak bisa dilepas.
Cinta itu sesuatu yang aneh yang bikin suasana hati berubah-ubah.
Cinta itu datang dari suka yang entah kenapa berkembang jadi sayang kemudian menjadi sesuatu yang ingin terus dimiliki.
Cinta itu rumit kalau belum terbiasa ;_;

Neni Arwanda said... Reply Comment

nama : Neni Arwanda
Akun twitter : @NeniArwanda95
Link share : https://twitter.com/NeniArwanda95/status/705243771361894400

Menurut kamu cinta itu apa?

Jawaban : Cinta adalah rasa yang membahagiakan. Semacam radar yang dikirimkan otak kepada hati. Sebuah rasa yang Tuhan anugerahkan kepada setiap makhlukNya. Cinta adalah varian bentuk. Yang menggumpal karena keikhlasan orang-orang yang memilikinya. Ada banyak bentuk cinta yang Tuhan limpahkan di dunia ini. Dan cinta bukanlah rasa yang menyakitkan. Cinta itu perhatian, kasih sayang, pengorbanan. Setiap orang pasti memiliki cinta, dan cinta bukanlah nafsu semata. Cinta memang terkadang harus merelakan bahkan membuat sakit. Tapi ketahuilah satu hal bahwa cinta adalah rasa yang selalu membahagiakan. :)

Dera Devalina said... Reply Comment

Nama : Dera Devalina
akun twitter: @deradevalina
link share : https://twitter.com/deradevalina/status/705284760059441153


"Menurut kamu cinta itu apa?"
Cinta itu itu ibarat nano nano manis asam asin rame rasanya :D
memang orang yang menjalani cinta itu penuh dengan berbagai rasa yang ngak bisa dijelaskan.
cinta itu juga seperti pelangi yang selalu mewarnai perjalanan setiap orang. Terkadang perlu hujan untuk menciptakan pelangi, perlu perjuangan untuk mendapatkan cinta…
yang pasti cinta itu anugrah yang diberikan dari Allah kepada kita..
setiap orang memiliki pandangan yang berbeda tentang cinta…
cinta itu tak disadari datangnya tapi bisa dirasakan dengan hati..
saat kau mencintai seseorang kau akan melakukan apapun untuk orang yang kau cintai…
cinta adalah hal yang memberi dengan setulus hati..

ulfa Nsyifa said... Reply Comment

Nama: Ulfa Nursyifa
Twitter: @ulfaminha
Link share: https://mobile.twitter.com/ulfaminha/status/705293736788373504?p=v

Cinta itu layaknya musik. Dengan melodinya, ia dapat menghanyutkan seseorang dalam kebahagiaan, kesedihan, kemarahan, dan kekecewaan. Meski terkadang memilukan, tapi tetap saja disukai. Saat musik tak terdengar, hari-hari terasa hambar. Musik mengalun merdu, membuat kita menikmatinya begitu saja. Dengan sendirinya, kita jatuh ke dalam alunan melodi tersebut. Iramanya tersampaikan hingga jiwa. Itulah penggambaran cinta.
wish me luck😊🙏

visca apriliyanti said... Reply Comment

nama: Visca
twitter: @Visca_Apr
link share: https://twitter.com/Visca_Apr/status/705295397581795329
"Menurut kamu cinta itu apa?"
cinta cinta didinding diam-diam merayap datang seekor nyamuk hap lalu ditangkap *eh*
cinta itu terlalu sulit untuk dijelaskan, terlalu banyak juga definisi tentang cinta. tapi menurut aku cinta itu bisa mencairkan hati yang beku sekalipun. cinta juga bisa membuat seseorang merasa senang dan sedih secara bersamaan. karena cinta juga orang-orang yang jelek / cantik/ ganteng, miskin/ kaya, punya kekurangan fisik atau apapun itu bisa bersatu.
life without love is like a tree with blossoms or fruit

Humaira Balfas said... Reply Comment

Humaira Balfas
@RaaChoco
https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/705321686401331205?p=v

"Menurut kamu cinta itu apa?"

Menurutku cinta itu kekuatan.
Karena kekuatan cinta kita rela berkorban, karena kekuatan cinta kita mampu memperjuangkan, karena kekuatan cinta kita mampu memaafkan, karena kekuatan cinta kita mampu bangkit kembali, karena kekuatan cinta kita bisa.

Karena cinta tak butuh kata tapi usaha. Karena cinta tak pernah ada yang sia-sia.

The Power of Love :)

Anis Antika said... Reply Comment

Nama: Anis Antika
Twitter: @AntikaAnis
Link share: https://twitter.com/AntikaAnis/status/705330384704147456?s=02
Jawaban:
Cinta itu... ketika kita menangis karena merindukan seseorang tapi nggak bisa bertemu. Cinta itu... ketika kita lebih mengutamakan kebahagiaan seseorang dibanding kebahagiaan kita sendiri. Cinta itu... perasaan tulus seorang Ibu terhadap anak-anaknya.

Daivara Rezuki Wijaya said... Reply Comment

Nama : Daivara Rezuki Wijaya
Twitter : @aulyarzky
Link Share : https://twitter.com/aulyarzky/status/705362933379825664

Menurutku pribadi, cinta merupakan sudut istimewa di dalam Matematika Trigonometri ataupun Fisika Vektor. Tepatnya tangen 90 derajat, alias tak terdefinisikan. Setiap orang mampu merasakan cinta namun mendefinisikan cinta itu sendiri sangat susah. Hanya perasaan dan sikap yang dapat menjawab apa arti cinta itu sebenarnya. Arti cinta itu tak pasti, ilmu yang susah untuk di jabarkan. Ibaratkan pelajaran matematika, 5 + 5 = 10 hasilnya sudah pasti namun cinta selalu bertolak belakang dengan apa yang kita pikirkan. Saya yakin bahwa di dunia ini cinta selalu berada di sekitar kita, walaupun tak terlihat, tersentuh bahkan tercium. Cinta itu perasaan, perasaan yang hanya ada di hati seseorang. Menurutku cinta juga sesuatu yang gaib karena tak bisa di lihat, namun sesuatu yang nyata dan bisa di rasakan setiap manusia di muka bumi ini. Bukan hanya pada kaum pemuda dan pemudi, namun di antara anak dengan orang tuanya, teman, keluarga, sahabat dan dalam masyarakat.

Jadi, menurutku cinta adalah sesuatu perasaan yang di rasakan oleh setiap manusia, namun setiap orang yang merasakan cinta akan mendefinisikan cinta itu sendiri sesuai pemikirannya, perasaannya bahkan kehidupannya:)

Diddy Syaputra said... Reply Comment
This comment has been removed by the author.
Diddy Syaputra said... Reply Comment
This comment has been removed by the author.
Kiki Suarni said... Reply Comment

Nama: Kiki Suarni
Twitter: @Kimol12
Link:https://mobile.twitter.com/Kimol12/status/705625972532350976

Jawaban:

Menurutku cinta itu adalah salah satu pondasi hidup setelah iman. Bahkan cinta sudah tercipta bersamaan dengan terciptanya Adam dan Hawa. Cinta itu suatu perasaan dalam diri manusia yang mungkin agak sulit dijelaskan secara lisan maupun tulisan. Tapi yang jelas, rasa suka, senang dan menyenangkan lebih mendominasi. Tak jarang melumpuhkan logika dan lebih mengedepankan ego. Cinta bersifat universal. Tak ada batasan untuk seseorang merasakan yang namanya cinta.
Cinta itu perkara keberanian dan kesanggupan. Berani mencintai berarti berani menanggung banyak beban. Beban menanggung rindu dan beban pertanggungjawaban. Mencintai berarti sanggup membahagiakan dan menerima pasangan apa adanya.So, love is a part of life.

Terima kasih

Eyis yis said... Reply Comment

Eris Andriani
@RizAnNie88
https://twitter.com/RizAnNie88/status/705648599309246467

Cinta adalah perasaan yg timbul dari perhatian, kenyamanan,kebiasaan, canda, tawa dan rasa sayang.
Cinta tidak terlihat, tidak berbau, tapi cinta itu terasa.
Cinta bisa dirasakan oleh semua orang.
Cinta datangnya secara tiba-tiba.
Karena cinta itu seperti hujan, yang tak pernah bertanya dimana dia akan dijatuhkan.

Noer Anggadila said... Reply Comment

nama: Noer Anggadila
akun twitte: @noeranggadila
link share: https://twitter.com/NoerAnggadila/status/705777947777470465?lang=id jawaban: Cinta itu fitrah, cinta itu anugrah yang Allah titipkan kepada manusia sejak lahir, cinta itu hak setiap manusia. Manusia bebas memiliki rasa cinta, bebas mencintai. Layaknya sebuah koin, cinta memiliki dua sisi, baik dan buruk, tinggal bagaimana kita menyikapi cinta tersebut. Cinta bukan hanya sebatas laki-laki dan perempuan, tapi juga antara anak dan orang tua, kakak dan adik, guru dan murid, kakek nenek dan cucu, tukang parkir dan pemarkir, petani dengan tanaman pertaniannya, pemerah susu dengan sapi dan masih banyak lagi. Yang penting, jangan terburu-buru bercinta karena cinta bukan nafsu, cintailah saat cinta itu mekar bukan dipaksa mekar.

Melia Haryono said... Reply Comment

Nama : melia
Twitter : eli_shearer

Link share https://twitter.com/eli_shearer/status/705810499288506368
Jawaban : Buat aku arti cinta berkembang disetiap langkah kehidupan.cinta adalah yang memampukan seseorg bertahan dan berjuang dlm keadaan apapun.
Cinta juga yang memampukan kita melewati batas diri kita melakukan untuk org yg kita cintai atau mengejar apa yg kita cintai.cinta adalah semangat. Tanpa cinta saya rasa tdk bisa disebut hidup. Krn membayangkan hidup tanpa cinta pasti tanpa semangat tanpa tujuan.

Melia Haryono said... Reply Comment

Nama : melia
Twitter : eli_shearer

Link share https://twitter.com/eli_shearer/status/705810499288506368
Jawaban : Buat aku arti cinta berkembang disetiap langkah kehidupan.cinta adalah yang memampukan seseorg bertahan dan berjuang dlm keadaan apapun.
Cinta juga yang memampukan kita melewati batas diri kita melakukan untuk org yg kita cintai atau mengejar apa yg kita cintai.cinta adalah semangat. Tanpa cinta saya rasa tdk bisa disebut hidup. Krn membayangkan hidup tanpa cinta pasti tanpa semangat tanpa tujuan.

Unknown said... Reply Comment

Nama : Ratna Sari
Akun twitter: @nAshari3
Link share: https://twitter.com/nAshari3/status/705955459136524288
Jawaban : Menurut saya Cinta itu = AMOR = ROMA :*

rini virgo said... Reply Comment

Menurutmu Cinta Itu Seperti Apa? Aku rasa cinta itu seperti angin=udara yang bergerak. yang tak bisa dilihat tapi bisa dirasakan. Yang tak memiliki warna murni, tapi bila benar-benar dijalani kehidupan cinta, maka akan menampilkan beraneka warna dalam bentuk makna kiasa.."Cinta itu mempunyai banyak warna"

Nama : Rinita
Akun twitter : @RinitAvvy
Link share : https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/706000788749877248?p=v

MohaSurya.finishing mobile blog said... Reply Comment

Nama: RIQZA NUR AINI
Twitter: @riqzanainiee
Link Share: https://mobile.twitter.com/riqzanainiee/status/706088581182324736?p=v
.
.
"Menurut kamu cinta itu apa?"
.
.
Cinta hanyalah tentang rasa suka,keinginan untuk menyukai dan disukai.Cinta cenderung egois.Cinta itu mengharap balasan.Memberi,Meminta,dan Menerima itulah cinta.Ibaratnya,cinta itu api yang menggelora,panas dan penuh nafsu.Cinta itu buta,tak bisa memilih.Cinta itu tentang rasa sakit...Ketika cinta tak terbalas..Cinta itu tentang sebuah angan dan harapan...

Arie Pradianita said... Reply Comment
This comment has been removed by the author.
Diddy Syaputra said... Reply Comment

Nama: Didi Syaputra
Twitter: @DiddySyaputra
Link Share: https://mobile.twitter.com /DiddySyaputra/status /705409275221270528?p=v

Cinta?

Sederhana saja, menurut saya cinta itu adalah sebentuk rasa yang berkomitmen menawarkan pada pemiliknya untuk terbuai atau terlukai.

Kalau diibaratkan sesuatu, cinta itu layaknya nyala api, mampu menghadirkan kehangatan. Tapi nggak jarang, jikalau bermain-main dengannya ia sangat leluasa untuk menghanguskan. Bahkan hingga berwujud serpihan abu sekalipun.

Karena ketika mencinta, maka pada dasarnya telah berani menyalakan api serta siaga mengomandonya agar tak terbakar apalagi membakar. Pun begitu ketika dicinta, hendaknya harus siap menjaga nyalanya agar tak redup apalagi padam.

Singkatnya, cinta itu tak lepas dari dua peran dasarnya; membuai atau melukai, dan kedua peran ini selalu memposisikan diri sesuai yang diposisikan pemiliknya, entah bermuara pada kedalaman rasa (kebahagiaan) atau berujung pada munculnya beragam duka (kesedihan).

Terima kasih! ;D

Arie Pradianita said... Reply Comment
This comment has been removed by the author.
Erdina yunianti said... Reply Comment

Nama :Erdina Yunianti
Akun Twitter :@Dinnaaa_27
Link Share :https://twitter.com/Dinnaaa_27/status/706112314492084224

"Menurut kamu cinta itu apa?"

Kalo kata Princess Anna sama Prince Hans yang di frozen mah “Love is an oper door” wkwkwk tapi menurutku, cinta itu gak bisa di dekripsiin, dimana aku lebih mentingin sesuatu dari sesuatu, rela berkorban demi sesuatu itu, entah aku sedih terluka sampai rela mati dan sebagainya, asal aku bisa meraih cinta itu. Dimana aku sayang sesayang sayangnya yang meluap luap melebihi apa yang penting di dunia ini, sayang yang sedetikpun aku gak bisa lepas dari mikirin dia. Cinta itu dimana aku selalu merasa nyaman kalo inget hal itu, apapun situasi dan kondisi. Cinta itu amazing bangetlahhh, bisa bikin lupa sama segala sesuatunya. Cinta itu bukan Cuma untuk lawan jenis. Ibu dan ayah kita adalah cinta pertama kita. Mungkin kita tidak melakukan semua hal yang aku sebut di atas, tapi tanpa kita ketahui beliau selalu melakukan hal-hal tersebut :)) Terima Kasih kak April untuk Giveawaynya :) semoga aku berjodoh dengan novel ini :D hihihi

mega widya said... Reply Comment

Nama : Mega Widyawati
Akun twitter : @widy4_w
Link Share : https://mobile.twitter.com/Widy4_W/status/705709378486153216?p=v

"Menurut kamu cinta itu apa?"

Hmm..devinisi cinta itu sangat banyak sekali maknanya.
-Ada yang bilang Cinta itu Anugrah.
-Ada yang bilang 'Love is never died'
-Ada yang bilang dengan cinta kita dapat membangkitkan kelemahan. Apakah cinta memiliki kekuatan? Kekuatan yang tak kasat mata. Seperti Magic.
Namun dari itu semua, bisa disimpulkan. Cinta itu bukan sesuatu yang kita cari, tetapi sesuatu yang menemukan keberadaan kita. yang mampu mengarahkan kita pada arah menuju kebahagiaan. Menggapai kesempurnaan. Cinta adalah anugrah dari tuhan yang paling indah. Keindahannya melebihi apapun yang kau tahu. Cinta mempunyai cita rasa yang luar biasa dahsyat, namun cinta rasanya tidak serupa dengan madu dan gula karena cinta jauh lebih manis dari kedua makanan tersebut.

i wish to lucky.. #Konbanwa

Ella Kurnia Oktaverina said... Reply Comment

nama: Ella Kurnia Oktaverina
akun twitter: @ellaverina_
Link share: https://twitter.com/ellaverina_/status/706129779133526016
Jawaban:

Cinta bagi saya adalah bahasa universal di seluruh dunia - tak peduli di manapun ia dilahirkan atau tumbuh besar saya yakin siapapun pasti mengerti. Cinta bukan bahasa biasa; ia tak hanya bisa didengar melalui lisan ataupun dibaca melalui tulisan tetapi juga bisa dilihat melalui perilaku yang bersangkutan kepada orang yang ia cintai dan dapat dirasakan oleh nurani.

Arie Pradianita said... Reply Comment

Nama: Arie E. Pradianita
Twitter: @APradianita
Link Share: Take a look at @APradianita's Tweet: https://twitter.com/APradianita/status/706151307782987776?s=01

MENURUT saya:

CINTA adalah perasaan hangat yang mampu membuat kita menyadari betapa berharganya kita, dan adanya seseorang yang begitu berharga untuk kita lindungi. Cinta tidaklah sebatas kata-kata saja, karena cinta jauh lebih berharga daripada harta yang melimpah, termahal di dunia pun. Saat seseorang memegang tanganmu dan bilang Aku cinta kamu… pasti menjadi perasaan hangat yang istimewa, Karena itu, saat kamu sudah menemukan seseorang yang begitu berharga buat kamu, jangan pernah lepaskan dia! Namun adakalanya cinta begitu menyakitkan, Maka berhati hatilah jangan pernah coba-coba untuk bermain cinta.

CINTA itu adalah sebuah perasaan yang tidak ada seorangpun bisa mengetahui kapan datangnya, bahkan sang pemilik perasaan sekalipun. Jika kita sudah mengenal cinta, kita akan menjadi orang yang paling berbahagia di dunia ini. Akan tetapi, bila cinta kita tak terbalas, kita akan merasa bahwa kita adalah orang paling malang dan kita akan kehilangan gairah hidup. Dengan cinta, kita bisa belajar untuk menghargai sesama, serta berusaha untuk melindungi orang yang kita cintai.

CINTA merupakan anugerah yang tak ternilai harganya dan itu diberikan kepada makhluk yang paling sempurna, manusia. Cinta tidak dapat diucapkan dengan kata-kata, tidak dapat dideskripsikan dengan bahasa apapun. Cinta hanya bisa dibaca dengan bahasa cinta dan juga dengan perasaan. Cinta adalah perasaan yang didalam sanubari lubuk hati yang terdalam yang bisa membawa kita melayang kedunia fana yang penuh dengan mimpi indah.

MENURUT Kak @aprlboanarges, CINTA ITU APA?

Faiz Istighfara said... Reply Comment

Nama : Faiz Istighfara
Twitter : @lisyaann
Link share : https://twitter.com/lisyaann/status/706152148917100544

"Menurut kamu cinta itu apa?"

Cinta adalah suatu hal yang tak terdefinisikan. Seringnya sulit dimengerti, seperti perempuan *plaak. Hal yang rumit, dan sebagian orang bilang cinta adalah suatu penyakit. Lainnya percaya kalau cinta itu abadi. Begitu juga aku yang sependapat. Cinta memang suatu hal abadi, selalu mengiringi kemanapun manusia pergi. Hanya saja, cinta juga seperti kupu-kupu yang suka hinggap dimanapun saat dia melihat bunga cantik nan menggoda. Oke ini jadi sedikit melantur. Yang jelas, cinta adalah hal rumit, dan seringnya setiap orang yang terjangkit ini, akan mendapat efek yang berbeda-beda. Untung saja ada seseorang entah siapa yang sudah merangkum segala macam jenis cinta melalui warna kelopak bunga mawar. Tiap-tiap warna memiliki makna yang berbeda. Sebut saja mawar merah, yang melambangkan cinta menggebu dan meletup-letup. Mawar putih yang melambangkan ketulusan, cinta tanpa pamrih. Mawar kuning yang melambangkan cinta kepada persahabatan. Dan masih banyak lagi berbagai warna dan makna yang dapat diungkapkan melalui mawar.

Putri Prama said... Reply Comment

Nama: Putri Prama Ananta
Akun twitter: @putripramaa
Link share: https://mobile.twitter.com/PutriPramaa/status/706209632901947392
"Menurut kamu cinta itu apa?"
Cinta adalah suatu perasaan yang menyerupai bianglala. Menurutku cinta itu seperti bianglala yang ada di cover novel Complicated Things Called Love ini. Hal itu dikarenakan alasan berikut ini:
Bianglala berbentuk lingkaran yang berputar, terkadang berada di atas, terkadang berada di bawah dan terkadang berada tenang di ketinggian sedang. Cinta memiliki sifat sama dengan hal itu; terkadang cinta membuat kita merasa seperti terbang, terkadang kita terpuruk hingga merasa untuk tidak mencintai lagi, atau terkadang kita merasa cinta itu seperti sebuah perasaan yang nggak ada efeknya (biasa aja dan flat). Dari hal tersebut kita belajar bahwa cinta itu adalah sebuah proses, tentang bagaimana kita melalui setiap putaran yang terkadang sensasinya berbeda. Permasalahan kita menikmati atau tidak cinta tersebut sama dengan kita memutuskan untuk lanjut menaiki bianglala atau memilih turun saat sedang berada di titik terbawah dan tidak menaikinya lagi. Semua itu kembali ke pilihan kita, apakah kita siap untuk berputar lagi untuk mengarungi perjalanan cinta? Seperti itulah cinta.
Selain itu, saat menaiki bianglala, di antara sekian pilihan gondola kita hanya bisa memilih salah satu untuk dinaiki. Sama seperti cinta, kita hanya bisa memilih satu, tidak mungkin kita memilih dua sekaligus karena jika begitu maka salah satunya tidak akan terisi. Begitulah jika kita logikakan. Perkara kita ternyata tidak menyukai gondola tersebut karena kursinya kurang empuk atau yang lainnya, itu sama seperti cinta; kita juga terkadang melihat orang-orang itu sama hanya berbeda tampilan (wajah&tubuh) dan karakter, untuk jatuh cinta kita perlu tahu sifatnya, dll. Namun, persamaan dari setiap gondola adalah ... kita harus ikut berputar untuk merasakan bagaimana rasanya di atas dan bagaimana rasanya di bawah lalu kemudian memutuskan untuk berhenti atau tidak. Seperti itulah cinta.
Cinta itu tentang pilihan; orang manakah yang kucintai, apakah aku perlu melanjutkan hubungan ini atau tidak, dsb. Jadi, cinta adalah serangkaian kejadian yang (sesungguhnya) berputar-- terkadang berada di atas dan terkadang di bawah--disertai banyak perasaan seperti rindu, gelisah, bahagia, tawa, bahkan tangis.
Seperti itulah cinta menurutku. Terima kasih untuk giveawaynya, semoga aku beruntung :)

Asep Dandan said... Reply Comment

Nama : Asep Dandan
Domisili : Bandung
Twitter : @DandanAsep
Link share : https://twitter.com/DandanAsep/status/706247000778407936

menurutku cinta itu adalah sebuah kata yang merangkum berbagai perasaan.
mulai dari perasaan senang,sedih,khawatir,kecewa,penasaran,cemburu,sakit hati,ikhlas,indah,damai, perasaan untuk selalu berfikir, perasaan untuk selalu bertindak, (yang pernah mengalami cinta pasti tahu deh bagaimana rasanya, baik yang berakhir bahagia maupun yang berakhir menyedihkan. hehehe)
dan cinta juga merupakan sebuah kata/perasaan yang dapat membuat sesuatu yang awalnya tidak mungkin menjadi mungkin.

Nova Indah Putri Lubis said... Reply Comment

Nama : Nova Indah Putri Lubis
Twitter : @n0v4ip
Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/706309223630569472

Cinta ya... Hmmm... Cinta itu perasaan yang lebih dari sekedar sayang kali ya. Dan bagi saya cinta tidak hanya mengenai lawan jenis saja. Bisa juga diasumsikan pada hal lain seperti pekerjaan misalnya. Jika kita sudah cinta pada sesuatu atau seseorang, kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik. Menunjukkan bahwa kita sangat mencintainya. Itu kali ya definisi cinta menurut saya. Kau berusaha untuk selalu ada dalam situasi apapun dan berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik. :D

Terima kasih :)

Happy Hawra said... Reply Comment

Nama: Happy Hawra
Twitter: @heppiemovic
Link share: https://twitter.com/heppiemovic/status/706356461601882112

Bagiku, cinta adalah dendang gembira paling bebas. Cinta merambat luas sampai titik paling dalam hati. Meski kadang-kadang mencintai adalah memulai luka, cinta tidak selalu sebagai mahaduka. Meski cinta kerap menjadi alasan mengurai air mata, namun cinta, selalu tercipta rahasia di sepanjang jalannya. ^-^

Veny Prasetyowati said... Reply Comment

Nama : Veny
Twitter : @yutakaNoYuki
Link share : https://twitter.com/yutakaNoYuki/status/706449803597623298

Cinta adalah keikhlasan untuk memberi dan menerima, tanpa syarat, tanpa berharap mendapat balasan balik. Cinta tidak harus memiliki tapi boleh dipelihara sepanjang hidup. Cinta tidak bisa dibagi tapi bisa berganti menjadi benci ...

Terry Irawan 3 said... Reply Comment

Nama : Tri
Twitter : @tewtri
Link Share : https://mobile.twitter.com/tewtri/status/705623587827249153

Cinta bagi saya?

Ada Tuhan, orang tua, keluarga, teman, hobi, jodoh, dan tentunya diri sendiri.
Cinta itu paket komplit lah istilahnya. Selain buat menyelesaikan a dan b. Tujuan hidup saya rasa utamanya untuk cinta. Sekarang, saya tidak yakin ada orang napas tanpa punya rasa cinta terhadap apa pun karena pada dasarnya cinta itu pengingat. Orang yang punya hati haruslah punya cinta. Karena saya lebih yakin cinta yang sebenarnya datangnya bukan dari otak seperti yang kebanyakan orang bilang. Katakanlah ini sok tau, tapi cinta bisa jadi alaram. Orang yang mengaku cinta sepatutnya sadar dia tidak akan bertindak kotor. Bukan berarti cinta datar saja. Dia nano-nano. Bisa nangis, ketawa, menjerit. Tapi, sebagai alaram, cinta itu yah wajibnya memperingati supaya kita tidak terjebak dalam lubang kesalahan. Cinta adalah benar, hanya orang-orang sok mencintai yang membuatnya terlihat sering salah.

Dias Shinta said... Reply Comment

Dias Shinta Devi
@DiasShinta
https://twitter.com/DiasShinta/status/706457037513707520

cinta itu ...
kayak Akuntansi yang merupakan seni pencatatan. Ada seninya, soalnya ada suka dukanya. Pencatatan? iyalah, cinta kan lagi mengukir sejarah 'kita' berdua yang lain cuma sewa.
hmm cinta itu kayak manajemen, mengelola. mengelola hati dan emosi. kadang manja, kadang pengen diprioritaskan, kadang pengen perasaannya berbalas.
pokoknya cinta itu mata pelajaran universal yang dikasih Tuhan untuk dijaga dan dirawat sebaik mungkin karena sifatnya mengalir seperti air tapi memiliki dua mata seperti pisau yang mampu menyakiti dan disakiti :)
thanks GAnya :)

Its Nessie said... Reply Comment

Nama: Agnes
Akun Twitter: @its_nessie
Link Share: https://mobile.twitter.com/its_nessie/status/706458329883652096
Jawaban:
Apa itu cinta? Sejauh ini saya belum bisa menemukan jawabannya. Karena, saya sendiri pun belum pernah merasakan benar-benar apa artinya cinta.
Cinta bagi setiap orang berbeda arti. Ada yg setuju cinta itu berharga nan manis karena memang begitulah yg mereka rasakan tetapi dibelahan dunia lain orang yang merasa luka akan cinta akan beranggapan bahwa cinta itu menyakitkan. Masing-masing orang punya definisi berbeda karena cinta ini sifatnya relatif kdg membawa bahagia tak jarang membawa luka tp satu hal yg harus kita ketahui seperti kata -Antoine de Saint-
.
.
.
.
.
"Love does not consist in gazing each other but in looking together in the same direction"

Daisy S said... Reply Comment

nama lengkap: Daisy
twitter: @daisy_skys
link share :
https://twitter.com/Daisy_skys/status/706469656677060608
"Menurut kamu cinta itu apa?"

Cinta adalah perasaan positif lebih tinggi tingkatannya dari kagum ,suka , kasih ataupun sayang .Cinta lebih dari semua perasaan itu .

Ketika aku kehilangan pikiranku , ketika aku berjalan dalam pandanganku Seluruh dunia di sekitarku menjadi slow motion , saat aku dengan pasrah jatuh dalam gravitasi yang lain .Menurutku itu adalah cinta .

Singkatnya cinta itu menyangkut care , responsibility ,
respect , knowledge . Dalam cinta hal semacam pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan adalah hal yang wajar .

Jika aku umpamakan cinta itu seperti bunga dandelion. Tumbuh liar .Dimanapun angin membawa benih Dandelion berhenti, disitulah Dandelion akan tumbuh .Terlihat sangat rapuh namun sangat kuat . Indah dengan kesederhanaannya.
Tapi pada akhirnya setiap bunga akan layu dan kering kemudian mati meninggalkan benih dan tumbuh kembali ditempat lain dimana angin membawanya.

Dan jika aku diijinkan bertanya , maka akan kutuliskan pertanyaanku .
What Is Love ?
From Heart to Hurt ?

Yang ikut pesertanya 60-an . Banyak sekali . Aku jadi minder .Yang lain jawabnya keren keren lagi .

Ratih My said... Reply Comment

Nama :Ratih M
Twitter : @Jju_naa
Link :https://twitter.com/Jju_naa/status/705420383210442753

Cinta, karena aku belum bertemu secara langsung. Jadi jawaban hanya berdasarkan curhatan para teman dan sahabat ku doang -_-.

Cinta, saat kita bisa menganggapnya sebagai anugera terindah yang pernah tuhan berikan kepada kita. (Kita ga akan melihat/menilainyanya lewat mata / hati doang).
Cinta, saat kita bisa memaklumi dan memaafkan saat dia berbuat salah (menyakiti).
Cinta,saat kita (bisa) selalu menantinya dengan setia dan tulus (Kita ga akan memaksanya ataupun menyuruhnya untuk memilih suatu hal).
Cinta, Saat kita bisa menemaninya bagaimana/apapun keadaan kita (tidak ada (kita ga akan memikirkan) istilah untung rugi).
Cinta, saat kita bisa memberi sesuatu (hal) dengan rela tanpa mengharapkan bahkan menuntut balasan darinya.

Cinta, butuh pengorbanan. Tapi cinta, tidak menginginkan adanya korban. Jika kalian mencintai sampai menumpahkan korban. maka itu bukan cinta, melainkan obsesi semata.

C.I.N.T.A -> Saat semua (biasanya) panca indera kita bisa aktif dalam waktu bersamaan, hanya karena suatu hal.
C.I.N.T.A -> Membuat kita lupa akan rasa sakit,kesedihan, dan membuat kita belajar untuk menyayangi dan memaklumi.
C.I.N.T.A -> Sesuatu yang tak kasat mata, yang selalu dinantikan kehadirannya.Karena tak semua orang bisa merasakan kehadirannya.

*Ampun, ini aku ya? :D

hoshinotika said... Reply Comment

Kartika
Twitter: @hoshinotika
Link:https://twitter.com/hoshinotika/status/706507678466453504

Cinta itu... seperti angin. Datang tanpa diminta dan meminta.
Kasat mata tapi berasa.

Cinta itu tidak memaksa, tapi tulus ketika harus melepasnya pergi.

Cinta itu adalah kebahagian juga kepedihan ketika cinta menyerbu dengan tak terkendali.

Karena begitulah cinta. ^^

Afif Rohman said... Reply Comment

Nama: Afif Rohman
Twitter: @_Afif_Rohman
Link Share: https://twitter.com/_Afif_Rohman/status/706515164267454465

"Menurut kamu cinta itu apa?"

CINTA adalah RASA, Love is Feel.
Sebuah RASA yang dijatuhkan dari surga melalui Adam dan Hawa.

Simpel! Karna CINTA sesungguhnya hanyalah sebuah perasaan. Kalau ada yang bilang cinta adalah begini, atau cinta adalah begitu. Mungkin itu sudah masuk ke BAB Etika Bercinta, Cara Bercinta, Sifat-sifat Cinta, dan Makna Cinta. Tapi kalau yang di maksud dengan "Apa itu CINTA?" Maka CINTA adalah RASA. Bukan yang lain.

Blog contents © Book world 2010. Blogger Theme by Nymphont.