Review: I Promise You by Karine

Thursday, September 10, 2015

Judul : I Promise You
Penulis : Karine
Penerbit : Gagas Media
Tebal : 260 halaman

Bagaimana aku merasa yakin bahwa aku jatuh cinta kepadamu?
Tak mudah menyembunyikan perasaan selama itu.
Seperti ada yang janggal, tak biasa. Ia menderaku dalam dada.
Rasa itu tumbuh entah sejak kapan dan tak pernah bisa kuhentikan.
Awalnya, aku tak berani menamainya cinta. Mungkin cinta, mungkin bukan.

Lalu, aku pun pernah berusaha mengubur rasa itu dalam-dalam.
Mencoba sejenak terbang ke negeri yang jauh, melupakannya.
Namun, ketika ia mulai menangis, aku merengkuhnya, membawanya ke dalam dekapan.

Lantas, haruskah rasa sakit itu kembali meradang?
Cinta tak pernah bisa dimengerti.
Seperti aku dan kau.
Seperti kisah kita.


REVIEW

Ini adalah kisah tentang tiga sahabat, Ega, Dira, dan Silla. Mereka sudah bersahabat dari kecil, dan ternyata orangtua mereka juga merupakan sahabat ketiga masih muda.
Ega, Dira dan Silla menjalani persahabtan mereka dengan sangat dekat. Mereka mengenal satu sama lain. Mereka selalu ada saat salah satunya sedang dalam kondisi terburuk. Termasuk ikut berbahagia saat salah satunya sedang senang.

Mereka bertiga memiliki watak yang berbeda. Dira dan Ega digambarkan sebagai sosok yang iseng, sedangkan Silla digambarkan sebagai sosok perempuan rapuh dan lemah.
Mereka salaing mengisi satu sama lainnya.

Seperti kisah tentang sahabat pada umumnya, dimana salah satunya ada laki-laki di dalamnya. Persahabatan itu tidak akan berjalan alami selamanya. Saat beranjak dewasa, Dira menyadari kalau mempunyai ketertarikan khusus dengan Ega. Tapi Dia lebih memilih untuk memendam persaan itu, karena tidak ingin persahabatan mereka rusak.
Ternyata Silla juga menyukai Ega, dan berkeinginan untuk menyatakan persaannya pada Ega.
Ega pun menanyakan pendapat Dira mengenai perasaan Silla, Dira menyarankan untuk menerima Silla untuk menjaganya agar tidak rapuh dan menangis.

Untuk menetralkan perasaannya, Dira memutuskan untuk pergi ke Yogya, meninggalkan orangutanya selama tujuh tahun. Kepergiannya ke Yogya dan jarang pulangnya Dia ke desa, ternyata tidak menyebabkan Dira menghapus perasaannya pada Ega.
Saat Dira diharuskan untuk kembali ke desanya karena tidak ada yang menemani orangtuanya, Dia bertemu lagi dengan Ega dan Silla.

Persahabatan mereka tidak berjalan seperti sediakala. Kehadiran Ugo yang ternyata masih kerabat Ibunya juga tidak menghapus perasaannya pada Ega, Kehadiran Ugo ternyata emrupakan sosok superhero bagi Dira, membawa Dira untuk mengurangi keriwetan yang sudah ada.
Kebesaran hati Ugo sangat tergambar dalam kisah ini.

Seperti ksiah lainnya dengan tema serupa, cinta memang sesuatu yang tidak dapat dipaksakan. Termasuk kebohongan Ega untuk mencintai Silla.
---------------------------
Ini mungkin genre baru yang dikeluarkan Gagas Media. Menampilkan sinopsis yang galau, sangat berhasil membuat aku tertarik untuk membacanya. Berharap ketertarikan itu membuat aku merasa puas saat membaca kisah ini.
Aku tau kalau ini merupakan debut Karine, memang seperti penulis pemula, kisah ini tidak istimewa. Bahkan kalau aku bisa bilang, cukup mengecewakan.
Aku sudah membaca beberapa kisah dengan tema yang sama sebelumnya, dan tidak ada penulis yang separah ini mengkisahkan ketertarikan antara sahabat.

Entah aku salah atau gimana, tapi seingatku, penulis tidak pernah menyebut daerah desa Dira berasal. Karine hanya menggambarakan kita kecil. Tapi dimana?
Dan kenapa berkali-kali aku menemukan dialig dengan kata "rupanya"?
Apakah desanya didaerah Sumatra Utara?

Karine kurang baik menceritakan perpindahan setting cerita satu ke yang lainnya. Seperti saat Dira pulang ke desanya dan dibilang kalau bos di perusahaan lama tempat Dira bekerja memberikan rekomendasi ke sebuah perusahaan media cetak, tapi digambarkan juga kalau Dira tidak takut dan yakin akan mudah untuk menemukan pekerjaan di desanya, Tiba-tiba saja Dira digambarkan sudah bekerja di perusahaan media sebagai wartawan. Kenapa tidak digambarkan prosesnya seperti apa?

Lalu hal lainnya yang tidak digambarkan dengan jelas,

"Ayah akan berkunjung ke rumah Om Danu, yang letaknya tak terlalu jauh dari kompleks itu, sementara aku wawancara." (halaman 116)

Sebelumnya digambarkan Dira sedang pergi diantar Ayahnya wawancara seorang narasumber, tidak dijelaskan setting tempatnya dimana. Dan tiba-tiba dikatakan kalau ayahnya berkunjung ke rumah Om Danu tidak jauh dari kompleks tempat Dira wawancara gitu?
Gimana sih? Jadi wawancaranya di sebuah kompleks? Daerah mana? Bukannya sebelumnya dibilang kalau Dira tinggal disebuah kota kecil?
Hmmmm....  

Aku juga menemukan adanya penulisan dialog yang dobel,
"Wah, Ugo itu benar-benar hebat ya, Yah. Masih muda, ganteng, dokter lagi!" Seru Ibu antusias.

"Wah, Ugo itu benar-benar hebat ya, Yah. Masih muda, ganteng, dokter lagi!" seru Ibu beberapa saat sepeninggalan Ugo dan mamanya, dan kami duduk menonton televisi di ruang tengah. (halaman 67)

Maksudnya tercetak dobel gitu apa ya? Apakah pengecekan oleh editornya yang kurang?
Lalu aku menemukan typo lainnya,
  
"Meski dia mengaku tidak suka superhero, tampak antusias mendengar certiaku." (halaman 223)

Certiaku -----> ceritaku

Sungguh aku tertipu dengan sinopsis yang diberikan Gagas Media yang tidak menggambarkan isi cerita. Aku hanya dapat mengambil nilai plusnya cerita ini adalah saat interaksi Dira dan Ayahnya yang begitu kuat. Aku juga suka dengan penggamabaran interkasi yang hadir di tengah keluarga Dira. Lalu persahabatan Dira, Ega dan Silla yang tetap bertahan walaupun sempat dilanda konflik.

Jujur saja, novel ini tidak menarik, dengan temuan kekacauan kata di dalamnya. Semoga Gagas Media segera memperbaikinya, agar tidak banyak lagi yang kecewa.
Mungkin novel ini cocok untuk para remaja yang sedang mengalami kisah galau atau cocok bagi orang yang menyukai tema menyukai sahabat sendiri.

Hanya saja jangan berharap lebih akan cerita di dalamnya.
Walau ini merupakan debut pertama Katine, aku tidak kapok membaca karya Karine ke depannya. Semoga lebih baik

2* saja aku berikan.

1 komentar:

Sinopsis Indonesia said... Reply Comment

Keren nih rating dari filmnya :o Sinopsisnya juga keren sip lah

Blog contents © Book world 2010. Blogger Theme by Nymphont.